Judul Asli: Lamar Underwood. 2002. The Greatest Disaster Stories Ever Told. Lyons Press.

51TMR8Q7VWL._SX326_BO1,204,203,200_Di buku ini Lamar Underwood memilih cerita-cerita mengenai bencana yang ditulis oleh beragam penulis: baik yang selamat dari bencana, jurnalis, maupun pengarang buku-buku populer.

Penulis membagi ketujuhbelas cerita dalam enam bagian. Bagian pertama memuat dua cerita mengenai bencana yang menimpa penghuni gedung kembar World Trade Center. Bagian kedua isinya tiga cerita mengenai kebakaran. Di bagian ketiga, Underwood memilih tiga bencana alam: letupan gunung Mt. St. Helens, topan yang menyapu kota Galveston di Texas di tahun 1900 dan banjir bah yang melanda warga kota Johnstown di Pennsylvania. Tiga cerita mengenai kecelakaan di laut (Titanic, Lusitania, dan USS Indianapolis) dimuat di bagian keempat. Di bagian kelima dia memilih dua bencana yang cukup terkenal: ledakan pesawat ulang-alik Challenger dan gas beracun yang membunuh banyak penduduk di Bhopal India. Di bagian terakhir Underwood memilih tiga bencana pesawat terbang.

Dua cerita bencana di bagian kelima mungkin merupakan dua cerita yang sangat berguna bagi ilmuwan Kajian Sains dan Teknologi. Kedua cerita yang dipilih Underwood merupakan cerita yang ditulis sangat baik oleh dua pengarang yang cakap. Bencana di Bhopal dicuplik dari bukunya Dan Kurzman A Killing Wind: Inside Union Carbide and the Bhopal Catastrophe (1987) sedangkan cerita mengenai bencana pesawat ulang-alik Challenger diambil dari bukunya Richard S. Lewis Challenger: The Final Voyage (1988). Kedua cerita ini bisa disandingkan dengan karya tulis-karya tulis lainnya seperti Kim Fortun Advocacy After Bhopal (2001) atau Collins and Pinch berjudul “The Naked Lunch: Assigning Blame for the Chellenger Explosion” di bukunya mereka The Golem at Large (1998).

Satu kekurangan di buku ini adalah fokusnya yang berlebihan mengenai cerita-cerita bencana yang terjadi di Amerika Serikat. Terlebih lagi buku ini diterbitkan di tahun 2002, sebelum banyak bencana-bencana besar lainnya yang barusan terjadi.

Anto Mohsin, Dosen di Fakultas Liberal Arts, Northwestern University in Qatar

 

Buku: Cerita-cerita Besar Mengenai Bencana yang Pernah Ditulis (2002)
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.